Daftar harga dan spesifikasi smartphone android Oppo terbaru 2017 paling lengkap.

Harga HP OPPO F3 dan Spesifikasi Lengkapnya November 2017

Harga HP OPPO F3 ini sedikit lebih murah dibanding F3 Plus yang dibanderol sekitar 6 jutaan. Spesifikasi dan fiturnya juga sangat lengkap. Sekarang ponsel android ini sudah beredar di Indonesia mulai Mei 2017. Bisa dipesan secara online melalui website e-commerce terpercaya maupun secara offline di OPPO Center terdekat di kota anda.

Jika Anda merasa harga OPPO F3 Plus terlalu mahal, maka F3 ini bisa menjadi alternatif. Secara umum, keduanya membidik segmen minat yang sama, yaitu pecinta selfie. Karena itu spesifikasi kameranya juga tidak berbeda terlalu jauh. OPPO F3 juga membawa kamera depan 16 Megapiksel serta 8 Megapiksel (dual camera selfie).

Perbedaannya dengan F3 plus ada pada kamera belakangnya, dimana F3 ini hanya membawa lensa 13 Megapiksel di bagian belakang. Selain itu, posturnya juga terlihat lebih kecil dengan layar 5,5 inci. Perbedaan juga terdapat pada kapasitas baterai serta tipe chipset yang digunakan. Namun semua itu tidak menjadikan performa OPPO F3 menurun.

Harga HP OPPO F3 Terbaru 2017

OPPO F3 ini akan dijual secara resmi pada 3 Mei 2017, dengan harga yang tertera di atas. Namun ada masa pre-order yang dilakukan pada 4-12 Mei 207. Selama masa pre-order para pembeli akan mendapatkan bonus menarik berupa sebuah tas Barcelona senilai Rp 11,199,000 kepada 30.000 pemesan pertama. Pembukaan masa pre-order ini dilakukan secara resmi bertempat di hotel Ritz Carlton, Jakarta. Dalam penjualannya OPPO telah bekerjasama dengan jaringan OPPO Store, Erafone, Megastore, Urban Republic, Carrefour, Giant, Hypermart, Lottemart dan Electronic City.
Pre Order OPPO F3 Selfie Expert Dual Camera
Pre Order OPPO F3 Selfie Expert Dual Camera, Berhadiah Tas Barca.
Beberapa ponsel yang mungkin akan menjadi tandingan bagi OPPO F3 dari segi harga adalah Lenovo P2 Turbo, Xiaomi Mi 5s (32GB), OnePlus X, OnePlus One, dan lain-lain. Sementara dari segi kemampuan kamera ada Vivo V5 Lite, Oppo A57, Samsung Galaxy A5 (2017), Sony Xperia XA Dual, dan juga ZTE Nubia M2.

Review Smartphone OPPO F3


Secara desain dan tampilannya, F3 ini masih tidak jauh berbeda dengan ponsel besutan OPPO sebelumnya. Terutama selfie series. Bahan utamanya menggunakan metal berkualitas sehingga sanggup memunculkan kesan kokoh sekaligus mewah pada pandangan pertama. Ukurannya tidak terlalu besar, dengan panjang 153,3 mm dan lebar 75,2 mm serta memiliki ketebalan 7,3 mm. Untuk beratnya sendiri hanya sekitar 153 gram.

OPPO F3 dibekali dengan layar 5,5 inci berteknologi IPS LCD kapasitif. Sudah mendukung teknologi multitouch sehingga sangat nyaman saat mengeksplore layar. Resolusinya sudah full HD (1080 x 1920 pixels) dengan kerapatan pixel 401 ppi pixel density. Spesifikasi tersebut merupakan jaminan bahwa layar akan mampu menampilkan gambar yang jernih dan tajam, meski berada di bawah sinar matahari langsung. Untuk mencegah kerusakan akibat goresan, sudah dibenamkan teknologi pelindung layar Corning gorilla Glass 5.

Software dan Hardware OPPO F3


OPPO membekali smartphone selfienya ini dengan sistem operasi android Marshmallow. Namun sudah dikustomisasi menjadi Color OS khas OPPO dengan versi 3.0. Ini akan menjadi pembeda antara User Interface ponsel-ponsel OPPO dengan ponsel android lainnya yang menggunakan sistem operasi default google.

Untuk sektor dapur pacu, OPPO F3 membawa prosesor Octa Core berkecepatan 1,5 GHz. Namun berbeda dengan F3 plus yang menggunakan chipset dari Qualcomm, ponsel kali ini menggunakan chipset dari Mediatek seri MT6750T. Dan untuk pengolah grafisnya dipercayakan pada GPU Mali-T860MP2. Dilihat dari sektor ini, jelas mengalami penurunan yang signifikan. Namun hal tersebut juga dapat dimaklumi mengingat perbedaan harga yang sangat jauh.

Dan Anda juga tidak perlu khawatir karena secara performa, ponsel android ini bisa dibilang tangguh. Dengan kapasitas RAM 4 GB, OPPO F3 bisa diajak melakukan aktifitas digital dengan nyaman dan lancar. Daya tampung filenya juga sangat besar, yakni 64 GB dan masih bisa ditambah dengan memasukkan kartu memori lewat slot memori eksternal. Daya tampungnya juga super besar karena sanggup menampung kartu memori hingga 256 GB.

Kamera Selfie OPPO F3 16 Megapiksel


Tidak berlebihan rasanya jika kita menganggap bahwa OPPO F3 ini merupakan salah satu ponsel selfie terbaik saat ini. Hal ini karena spesifikasi kamera yang diusungnya merupakan tertinggi. Untuk keperluan selfie, ponsel ini membawa dua buah kamera di bagian depan (dual camera selfie). Kamera pertama membawa lensa 16 megapiksel, sedangkan kamera kedua 8 megapiksel. Masing-masing digunakan untuk keperluan berbeda.

Kamera 16 megapiksel digunakan untuk mengambil foto selfie dalam keadaan sendiri. Sedangkan kamera 8 megapiksel digunakan saat hendak mengambil foto selfie secara grup (group selfie). Ini karena kamera 8 megapiksel memiliki wide angle yang lebih luas.
Kamera Selfie OPPO F3
Kamera depan OPPO F3, 16MP dan 8MP (dual camera).

Untuk bagian belakang, OPPO membekali produknya dengan kamera 13 megapiksel. Lengkap dengan LED flash dan fitur autofokus. Hasil jepretannya cukup tajam dengan noise yang lebih sedikit. Dengan adanya flash light, kamera OPPO F3 ini bisa digunakan mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya sekalipun. Secara keseluruhan, kinerja kamera ponsel android ini terbilang baik.

Teknologi Dual SIM 4G LTE


Sebagai ponsel modern dimana internet sudah merupakan bagian dalam kehidupan sehari-hari, akses internet cepat menjadi sebuah kebutuhan. Karena itu, OPPO menyematkan tekologi internet super cepat 4G LTE pada produk-produk barunya, termasuk OPPO F3. Namun jika daerah anda masih belum tercover jaringan 4G, maka jaringan 3G pun tak masalah. Atau bisa menggunakan alternatif lain yaitu menggunakan WiFi untuk mendapatkan akses internet cepat.

Yang menarik adalah bahwa kedua SIM card bisa digunakan untuk mengakses jaringan 4G. Jadi bukan hanya SIM 1 saja, seperti beberapa smartphone android tipe lama yang beredar di pasaran. Namun sayangnya tipe slot SIM 2 harus swap dengan microSD (kartu memori eksternal). Untungnya kapasitas memori internal sudah sangat besar sehingga tidak ada kebutuhan mendesak untuk menggunakan kartu memori tambahan.

Sarana konektifitas pada OPPO F ini terbilang lengkap. Mulai dari bluetooth hingga port microUSB. Dan juga sudah menggunakan teknologi USB On The GO. Dimana anda bisa memutar file musik atau video dari penyimpanan UB dalam smartphone anda. Adapun ketiadaan infra red, untuk zaman sekarang ini pengaruhnya sudah tidak signifikan.

Bealih ke sumber daya, baterai OPPO F3 ini berjenis lithium ion dengan kapasitas 3200 mAh. Meskipun masih terbilang sangat besar, namun telah mengalami penurunan jika dibanding F3 plus yang mencapai 4000 mAh. Belum ada data lebih jelas mengenai kemampuan dan daya tahan baterai ini. Berapa lama waktu standby atau berapa lama bisa bertahan saat digunakan untuk bertelepon, browsing, bermain game dan sebagainya.

Spesifikasi HP OPPO F3 Selfie Expert

Tipe LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, Multi-touch
Ukuran Layar5.5 inches, 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density), Corning Gorilla Glass 5
Ukuran/Berat153.3 x 75.2 x 7.3 mm / 153 gram
OSAndroid OS, v6.0.1 (Marshmallow), ColorOS 3.0
ProsesorMediatek MT6750T, Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53, GPU Mali-T860MP2
MemoriInternal 64 GB, 4 GB RAM, microSD up to 256 GB
BateraiNon-removable Li-Ion 3200 mAh
KameraPrimer 13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, LED flash, 1/3" sensor size, 1.12 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Kamera Sekunder Dual 16 MP (1/3.1" sensor size, f/2.0) + 8 MP, f/2.4
Video Record 2160p@30fps, 1080p@30fps
SIM CardDual SIM GSM - GSM
Data4G LTE, 3G HSPA, EDGE, GPRS
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, WiFi Direct, hotspot
KonektivitasBluetooth 4.1, A2DP, LE, USB/Port microUSB 2.0, USB On-The-Go
MultimediaVideo Player - MP4/H.264 player
MP3 Player - MP3/WAV/eAAC+ player
Fitur TambahanFingerprint (front-mounted), accelerometer, proximity, compass, Fast battery charging (VOOC Flash Charge), Document viewer - Photo/video editor

Gambar OPPO F3 Selfie Expert
Gambar Smartphone OPPO F3.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO F3 Selfie Expert


Sebagai smartphone android harga 4 jutaan yang memiliki banyak pesaing handal di luar sana, OPPO F3 pasti salah satu dari yang terbaik. Pasalnya, dengan membidik segmen pecinta selfie smartphone ini sudah sangat dekat dengan tujuannya. Namun fungsi-fungsi lainnya juga bekerja dengan sangat baik. Dan berikut ini adalah keunggulan dan kelemahan dari OPPO F3.

Kelebihan (+)
Layar lebar, full HD, jernih dan tajam.
Kapasitas memori internal besar, RAM 4 GB.
Kamera depan-belakang semua bekerja optimal.
Support dual SIM card dengan semua SIM card bisa 4G LTE.
Mendukung teknologi fast charging VOOC.
Mendukung teknologi USB On The Go.

Kekurangan (-)
Slot SIM Card bersiffat Hybrid (SIM 2 dan micro SD).
Tidak ada infra red dan NFC.
Baterai non-removable sehingga kesulitan ketika ponsel hang.

Kesimpulannya, OPPO F3 memang sejatinya merupakan ponsel selfie kelas atas. Sayangnya sekarang ini sudah beredar beberapa ponsel selfie dengan kemampuan kamera yang sama (16 megapiksel) beredar di pasaran dengan harga lebih murah. Jadi, masalah harga mungkin akan mejadi kendala.

Lihat juga ponsel selfie lainnya:
Harga HP OPPO F3 dan Spesifikasi Lengkapnya November 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Orang Pangandaran