Daftar harga dan spesifikasi smartphone android Oppo terbaru 2017 paling lengkap.

Harga dan Spesifikasi Oppo R5 R8106 November 2017

Hadir dengan kode nama R8106, Oppo R5 digadang-gadang akan menjadi smartphone paling tipis di dunia dengan ketebalan hanya 4.9 milimeter. Namun saat ini predikat tersebut telah diambil alih oleh Vivo X5 Max. Ponsel tersebut memiliki ketebalan 4.75 milimeter dengan bagian paling tipis 3.98 milimeter. Hadir dalam rentang waktu yang tak terpaut jauh, smartphone ini benar-benar mempecundangi Oppo R5.

Mari lupakan tentang predikat ponsel tertipis di dunia. Sebagai smartphone premium, Oppo R5 dibekali dengan berbagai spesifikasi mumpuni. Mulai dari sistem operasinya, ponsel ini sudah mengguakan Android KitKat. Meski bukan yang terbaru (Lollipop) namun sistem operasi ini jelas lebih unggul dibanding Jelly Bean yang disematkan pada ponsel-ponsel sebelumnya.

Oppo juga membekali R5 dengan prosesor Octa Core dari Qualcomm dengan seri MSM8939 dan arsitektur 64 bit atau dikenal dengan nama Snapdragon 615. Prosesor tersebut memiliki kecepatan 1.5 GHz pada masing-masing intinya. RAM sebesar 2GB menjamin proses multitasking berjalan lancar.

Keunggulan lainnya yang dimiliki Oppo R5 adalah kamera 13 MP, layar AMOLED, perlindungan Gorilla Glass 3 serta dukungan untuk jaringan 4G yang kini tengah mulai dikembangkan di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Meski dibekali memori internal yang cukup besar, yakin 32GB namun ponsel ini tidak dilengkapi slot memori eksternal untuk ekspansi.

Harga Oppo R5 R8106

Oppo R5 R8106
Harga HP Oppo R5 dibanderol Rp 6,5 jutaan selama masa pre-order

Sejak pertama kali diluncurkan pada Oktober 2014 lalu, Oppo R5 menyita perhatian banyak pencinta gadget. Maklum, produk-produk vendor asal negeri tirai bambu ini terbilang berkelas baik dari segi tampilan maupun spesifikasi yang diusungnya. Hal terebut diamini oleh CEO OPPO Mobile Indonesia, Jet Lee.

“Sejak OPPO meluncurkan R5 bulan Oktober lalu, kami menerima banyak pertanyaan tentang kapan R5 akan hadir di Indonesia. Sekarang konsumen kami tidak perlu lagi menunggu karena R5 mulai dapat dipesan dengan harga khusus melalui website Ofans Store OPPO,” ujarnya di sela-sela pertemuan dengan media.

Ponsel yang pernah mendapat gelar sebagai smartphone paling tipis di dunia ini sudah dapat dipesan secara pre-order mulai tanggal 24 November – 14 Desember 2014. Selama masa pre-order, pembeli Oppo R5 akan mendapatkan harga khusus, yakni Rp 6.499.000 - sedikit lebih murah dari banderol harga Oppo Find 7 yang hampir menyentuh angka 7 jutaan saat pertama kali keluar. Selain itu, masih ada bonus yang bisa dibawa pulang, antara lain VOOC power bank dan exclusive case. Jika Anda menginginkan ponsel ini, silahkan beli lewat situs resminya, yang beralamat di www.ofanstore.co.id.

Review Oppo R5 R8106

Smartphone Oppo R5 Warna Hitam
Smartphone Oppo R5 Warna Hitam

Seperti yang sudah disinggung di awal, Oppo R5 mempunyai bobot yang ringan dan desain yang tipis. Ketebalan R5 sama dengan tumpukan dua uang koin logam dengan nominal 200 rupiah. Meski tipis dan ringan namun ponsel ini terbuat dari bahan stainless steel berkualitas yang tidak akan bengkok saat diduduki dalam saku celana belakang. Untuk pilihan warnanya tersedia dalam balutan warna hitam, putih dan silver.

Lebih jauh lagi, R5 merupakan smartphone produk Oppo hasil gabungan seni dan teknologi tinggi dalam proses produksinya. Hal ini diungkapkan langsung oleh CEO OPPO Mobile Indonesia.

“Kami tidak hanya berinovasi untuk menciptakan smartphone dengan ketebalan di bawah 5 mm, tetapi kami juga berfokus pada detail. Misalnya, konstruksi frame dari baja di R5 telah melalui proses pemolesan dengan tangan,” kata Jet Lee.

Beralih ke sektor layar, Oppo R5 mengusung layar seluas 5.2 inci dengan teknologi AMOLED. Layar bertipe kapasitif sentuh tersebut sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 untuk melindunginya dari goresan. Layar dengan resolusi Full HD 1080p (1920x1080) tersebut tampak begitu jernih dan tajam berkat kerapatan pixelnya yang mencapai 423 ppi.

Seperti produk-produk Oppo terbaru lainnya, R5 juga mengusung Color OS 2.0 sebagai sistem operasinya. Dimana Color OS ini merupakan sistem operasi hasil pengembangan alias kustomisasi dari OS Android KitKat. Color OS merupakan ciri khas dari ponsel-ponsel Oppo sehingga antarmukanya berbeda dari OS Android pada umumnya.

Untuk mengoptimalkan kinerjanya, Oppo R5 juga dibekali dengan prosesor tangguh Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53. Spesifikasinya jelas lebih unggul dibanding Oppo Find 5 yang hanya mengandalkan Snapdragon S4 Pro. Masalah grafisnya diserahkan pada GPU Adreno 405. Menjelajah dunia maya, menjalankan game-game kelas berat sampai proes multitasking bisa dieksekusi dengan lancar berkat dukungan RAM sebesar 2GB.

Qualcomm 8-core 64-bit processor and technology cooling system. Prosesor 8-core 64 bit menjalankan lebih lancar dan cepat saat berpindah-pindah aplikasi, selain itu didukung oleh Adreno 405 memberikan detail 3D yang mengesankan saat bermain game HD. Dilengkapi dengan teknologi pendingin yang mempercepat penyaluran suhu panas sehingga kamu bisa lebih nyaman dan memaksimalkan aktifitas kamu seharian.

Sektor kamera selalu menjadi perhatian serius bagi Oppo. Maka tidak mengherankan jika pada produknya kali ini, mereka mengusung kamera utama 13 MP Stacked CMOS dengan diafragma F2.0. Keseluruhan sistem dalam kemra Oppo R5 telah sesuai dengan standardisasi Schneider Kreuznach, pengembang lensa ternama asal Jerman.

Untuk memperoleh sertifikasi Schneider Kreuznach, Oppo telah mengembangkan software kalkulasi yang dinamakan Pure Image. Software ini pertama kali diperkenalkan pada produk Oppo N1. Dan sekarang telah mencapai Pure Image 2.0+ yang dibenamkan pada Oppo R5. Tidak hanya itu, R5 juga telah dibekali dengan berbagai mode pemotretan yang sangat memudahkan dalam memotret dalam scene. Misalnya mode HDR, Colorful night, Slow shutter, GIF, Audio Photo, After Focus, Super Macro, dan lain-lain.

Camera PI 2.0+ anda Schneider Kreuznach cetified. Pengembangan Pure Image dengan tampilan baru yang lebih user friendly dan diperkaya dengan fitur-fitur serta didukung komponen hardware premium standardisasi kamera profesional Schneider Kreuznach.

Selain handal dalam mengabadikan momen dalam bentuk gambar, kamera Oppo R5 juga sangat bisa diandalkan saat digunakan sebagai perekam video. Di atas kertas, kamera smartphone ini sanggup merekam video dengan kualitas 2k.

Cek juga daftar harga hp Oppo yang lain:
Untuk bagian depan, Oppo R5 dibekali kamera dengan kekuatan 5 megapixels. Kamera tersebut juga telah didukung diafragma F2.0 yang sama dengan kamera utamanya. Seperti kamera depan pada ponsel-ponsel lainnya, kamera pada Oppo R5 ini juga bisa digunakan untuk foto selfie, vide call dan video chat.

Sementara itu, sebagai penampung file, beragam aplikasi, gambar, video dan lain sebagainya, Oppo membekali R5 dengan kapasitas memori internal sebesar 32GB. Sebenarnya itu merupakan kapasitas yang cukup besar. Namun zaman sekarang ini konsumen selalu meninginkan sesuatu yang lebih leluasa, lebih besar lagi. Sayangnya, Oppo R5 tidak dibekali dengan slot memori eksternal sehingga tidak bisa lagi menambah kapasitas memori.

Oppo R5
Gambar smartphone Oppo R5 tampak dari depan dan belakang

Oppo R5 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 2000 mAh. Untuk ukuran smartphone seharga 6 jutaan jelas ini bukan kapasitas yang sebanding. Terlebih lagi, baterai tersebut bertipe non-removable. Jadi saat ingin menggantinya, Anda mau tidak mau harus menyerahkannya ke service center.

Lupakan sejenak masalah kapasitas baterai yang kecil, kita beralih ke pembahasan tentang konektifitas dan data. Oppo R5 telah didukung oleh jaringan 4G LTE yang super cepat, tentunya dengan catatan daerah Anda sudah ter-cover oleh jaringan ini. Jika tidak, masih ada kesempatan untuk mendapatkan akses internet yang cepat, yaitu melalui Wi_Fi. Untuk sarana berbagi file dengan perangkat lain, anda bisa menggunakan bluetooth maupun USB.

Spesifikasi Oppo R5 R8106

Jaringan 2GGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
Jaringan 3GHSDPA 850 / 1900 / 2100
Jaringan 4GLTE 800 / 850 / 900 / 1800 / 2100 / 2600
Data 3GHSDPA, 42 Mbps; HSUPA, 5.8 Mbps;
Data 4GLTE, Cat4, 50 Mbps UL, 150 Mbps DL
Tipe LayarAMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar1080 x 1920 pixels, 5.2 inches (~423 ppi pixel density), Corning Gorilla Glass 3
Ukuran/Berat148.9 x 74.5 x 4.9 mm / 155 gram
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
KonektifitasBluetooth v4.0 with A2DP, microUSB v2.0, USB Host
MemoriInternal 32 GB storage, 2GB RAM
Kamera Belakang13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Kamera Depan5 MP, Video Call, Video Chat
Video Record2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@120fps
OSAndroid OS, v4.4.2 (KitKat), Color OS 2.0
CPUQualcomm MSM8939 Snapdragon 615 Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 405
PerpesananSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, RSS
Video PlayerMP4, 3GP Player
MP3 PlayerMP3/WAV/eAAC+ player
Fitur TambahanJava Emulator, Calculator, Camera, Clock, Calendar, Media Player, E-Book Reader, Video & Audio Recorder, Browser HTML5, A-GPS support and GLONASS
BateraiLi-Polymer 2000 mAh yang bersifat non-removable
HargaRp. 6,499,000.00 (Baru)

Kelebihan dan Kekurangan Oppo R5 R8106


Meski menyandang status sebagai ponsel premium dengan harga mahal dan spesifikasi mumpuni, tetap saja tidak ada produk yang sempurna. Begitu juga yang terjadi pada Oppo R5 ini. Namun, ini semua tentunya subyektif. Karena sesuatu yang bagus menurut kita belum tentu bagus menuut yang lain. Sesuatu yang menurut kita cukup mungkin dalam pandangan orang lain kurang.

(+) Kelebihan Oppo R5 R8106
  • Body ramping meski bukan lagi yang paing tipis di dunia
  • Layar AMOLED 5.2 inci dengan 423 ppi, perlindungan Corning Gorilla Glass 3
  • Support jaringan 4G LTE
  • Kamera 13 MP dengan kualitas yang bagus dan fitur yang lengkap
  • Color OS 2.0 menyajikan antarmuka yang atraktif dan unik
  • Prosesor octa core snapdragon 615 dengan kecepatan 1.5 GHz

(-) Kekurangan Oppo R5 R8106
  • Tidak adanya slot memori eksternal untuk menambah kapasitas memori
  • Kapasitas baterai hanya 2000 mAh dan bersifat non-removable

Oppo R5 merupakan ponsel premium terbaru dari Oppo Mobile. Harganya yang cukup mahal diimbangi dengan kemampuan dan spesifikasi yang menawan. Meski masih menyisakan beberapa kekurangan, tapi ponsel ini sangat layak untuk dijadikan sebagai ponsel andalan. Terutama untuk Anda yang hobi dalam dunia fotografi.

Lihat juga hp Oppo yang lainnya:
Harga dan Spesifikasi Oppo R5 R8106 November 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Orang Pangandaran