Daftar harga dan spesifikasi smartphone android Oppo terbaru 2017 paling lengkap.

OPPO F5 vs Sony Xperia XZ Dual, Ponsel Berkamera 20MP Terbaik 2017

Perbandingan OPPO F5 vs Sony Xperia X Dual dalam hal spesifikasi, harga dan fitur untuk mencari ponsel kamera 20MP terbaik.

Saat ini, smartphone dengan kamera 20 megapiksel atau lebih bukan hal yang luar biasa. Tercatat, sudah lebih dari 10 unit ponsel yang membawa kamera besar tersebut. Menariknya lagi, ponsel-ponsel tersebut tidak didominasi oleh produk flagship berharga tinggi. Ponsel kelas menengah pun ada yang sanggup memberikan spesifikasi kamera 20MP.

Terkait dengan perbandingan OPPO F5 vs Sony Xperia XZ Dual, keduanya memang bukan smartphone murah. Melainkan smartphone flagship yang dibanderol dengan harga sekitar 6-7 jutaan. Selain mengedepankan kamera 20 megapiksel, keduanya juga menyuguhkan spek dan fitur lain yang sangat menarik bagi calon konsumen.

OPPO F5 misalnya, produk yang meluncur pada akhir Oktober 2017 ini sudah mengusung android Nougat sebagai sistem operasinya. Selain itu, kapasitas RAM sebesar 6GB bakal menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen. Perlu diketahui, saat ini ponsel dengan RAM 6GB masih sangat jarang di pasaran. Banyak handphone mahal dengan harga 6 juta keatas tapi hanya mampu menyuguhkan RAM 3-4 GB.

Silahkan cek artikel saya sebelumya, tentang daftar HP OPPO dengan RAM 4GB.

Sama seperti F5, Xperia ZX Dual juga merupakan produk premium garapan Sony Mobile. Hadir ke pasaran dengan banderol 6 jutaan, spesifikasi dan fitur yang dibawa ponsel ini cukup layak diberi acungan jempol. Suguhan utamanya adalah kamera belakang sebesar 23 megapiksel. Sayangnya, karena merupakan produk yang cukup lama, sistem operasinya masih menggunakan android Marshmallow. Belum ada informasi mengenai apakah bisa upgrade ke android Nougat atau tidak.

Agar lebih jelas mengenai perbandingan keduanya, silahkan lihat tabel spesifikasi di bawah ini.

Perbandingan OPPO F5 vs Sony Xperia XZ Dual


OPPO F5
OPPO F5
Sony Xperia XZ Dual
Xperia XZ Dual

Harga

Harga Baru: Rp. 6-7 Jutaan
Harga Second: Belum Tersedia
Harga Baru: Rp. 6,500,000.-
Harga Second: Rp. 4,200,000.-

Layar

IPS LCD capacitive
Ukuran Layar 6.0 inches
Resolusi FHD 1080 x 1920 pixels
~402 ppi pixel density
-
IPS LCD capacitive
Ukuran Layar 5.2 inches
Resolusi FHD 1080 x 1920 pixels
~424 ppi pixel density
Corning Gorilla Glass 5

Sistem Operasi

Android OS, v7.0 (Nougat)
Color OS v3.x
Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
Sony Xperia UI

Hardware

Chipset Snapdragon 660
Prosesor Octa Core
GPU Adreno 512
Chipset Snapdragon 625
Prosesor Octa Core
GPU Adreno 506

Memori

Internal 64 GB
6 GB RAM
microSD, up to 256 GB
Internal 64 GB
3 GB RAM
up to 256 GB (uses SIM 2 slot)

Kamera

Belakang: 20MP, autofocus, LED flash
Depan: Dual (12 MP + 12 MP)
Belakang: 23MP, autofocus, LED flash
Depan: 13 Megapiksel

Jaringan

4G LTE
3G HSDPA
2G EDGE, GPRS
Dual SIM Card
4G LTE
3G HSPA
2G EDGE, GPRS
Dual SIM Card

Konektivitas

Bluetooth v4.1, A2DP, LE
Port microUSB v2.0
Wi-Fi Direct, Hotspot
Bluetooth v4.1, A2DP, LE
Port microUSB v2.0
Wi-Fi Direct, Hotspot

Baterai

Tipe Non-removable
Li-Ion 4000 mAh
Tipe Non-removable
Li-Ion 2900 mAh

Hasil OPPO F5 vs Sony Xperia XZ Dual


Setelah melihat data spesifikasi diatas, sepertinya kali ini Sony harus mengakui keunggulan OPPO. Dibanderol dengan harga yang sama, OPPO F5 memiliki lebih banyak keunggulan dibaning Xperia ZX Dual.

Keunggulan pertama F5 atas Xperia ZX ini terletak pada layarnya. Dimana ponsel ini sudah membawa layar berukuran 6 inci, sementara Xperia hanya mengandalkan display berukuran 5,2 inci. Jika kita lihat dari desainnya, OPPO juga sangat fashionable. Apalagi layarnya sudah mengadopsi konsep 18:9 yang sedang trend. Sementara Xperia, masih berkutat dengan desain retronya.

Dari segi performa, OPPO F5 lagi-lagi menang telak. Meski sama-sama membawa prosesor Octa Core, namun F5 sudah ditemani dengan kapasitas RAM 6GB serta menjalankan android Nougat terbaru sebagai sistem operasinya. Sementara Xperia ZX hanya didukung oleh RAM 3GB dan sistem operasi android Marshmallow.

Lanjut ke masalah baterai, lagi-lagi OPPO lebih unggul. Smartphone yang diproduksinya, sudah membawa baterai berkapasitas 4000 mAh. Sedangkan kompetitornya masih mengandalkan baterai berkapasitas 2900 mAh. Jauh sekali perbedaannya.

Oke guys, jadi kesimpulannya dalam duel atara OPPO F5 vs Sony Xperia ZX Dual, pemenangnya adalah OPPO F5. So, jika Anda ingin membeli sebuah smartphone dengan kamera 20 megapiksel, OPPO F5 layak dijadikan pilihan utama.
OPPO F5 vs Sony Xperia XZ Dual, Ponsel Berkamera 20MP Terbaik 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Orang Pangandaran

0 komentar:

Post a Comment